0
Minggu pagi yang cerah, 6 Maret 2016 para anggota Banjarmasin Date Palm Society (BDPS) berkumpul di Kediaman Abah Alya di Komplek Pal 8 Indah guna melaksanakan kegiatan Tour De Kurma di Banjarmasin. Sebelum melakukan aktifitas, para anggota berdiskusi agar acara berjalan lancar, sambil menikmati Teh Panas dan tamr Kurma. Subhanallah, para hamba Allah ini berkumpul guna memakmurkan Masjid dengan menanam pohon kurma.

Anggota BDPS

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan anggota BDPS antara lain, yaitu kegiatan penanaman bibit Kurma di halaman Masjid daerah Banjarmasin, analisis pohon-pohon kurma yang tumbuh di kota banjarmasin dan sosialisasi kepada pemilik pohon kurma mengenai perawatan pohon kurma agar tumbuh dengan baik dan InsyaAllah dapat berbuah.




Bibit-bibit yang ditanam tersebut merupakan hasil donasi para anggota Banjarmasin Date Palm Society yang kemudian dikumpulkan dan ditanam di halaman Masjid Jami' (Surgi Mufti) dan Masjid Sabilal Muhtadin. 

Penanaman Pohon Kurma di Masjid Sabilal Muhtadin

Alhamdulillah BDPS diterima Oleh pengurus masjid Sabilal Muhtadin. Sebelum memulai aktifitas penanaman kurma, para anggota berdoa agar pohon kurma tersebut berkah dan bermanfaat bagi kaum muslimin. Barakallah...Aamiin...

Berdoa sebelum memulai






persiapan pembuatan lubang tanam

Pengukuran PH tanah

Penanam Pohon Kurma



Penanaman Pohon Kurma di Masjid Jami


Diskusi rencana Penanam Pohon kurma

Persiapan penanam kurma di Masjid Jami

Proses Penanaman Kurma di Masjid Jami

Proses Penanaman Kurma di Masjid Jami

Penyiraman pertama oleh petugas keamanan Masjid Jami


Penanaman Pohon Kurma


Analisis Pohon Kurma di Sekitar Banjarmasin

Ada sekitar 100 lebih pohon kurma tumbuh di banjarmasin, dengan demikian stigma pohon kurma hanya tumbuh di gurun pasir oleh masyarakat indonesia terpatahkan, bahkan pohon kurma tersebut ada yang berbuah dengan lebatnya sepanjang masa tanpa mengenal musim di Banjarmasin, Subhanallah.

Meminjam kalimat abah Alya 
"Allah telah menyediakan ratusan tanaman Kurma di Banjarmasin untuk media belajar kita"
Kegiatan BDPS lainnya pada event ini juga melakukan analisa mengenai PH, kelembaban, hama dan penyakit,suhu, ketinggian dll yang ada disekitar pohon kurma. Mereka Belajar, bertukar opini dan informasi yang kemudian hasilnya menjadi evaluasi bagaimana penanaman yang baik dengan kondisi lingkungan yang ada disekitar Banjarmasin.


Analisis pohon kurma di Masjid Sabilal Muhtadin




Analisa Pohon Kurma di Masjid Jami


Kuma Berbuah di Banjarmasin

Perjalanan terakhir dari Tour de Kurma di Banjarmasin yaitu melakukan penelitian terhadap pohon kurma yang sedang berbuah di Banjarmasin, pohon kurma yang berbuah sepanjang masa. Pohon ini sudah berumur kira-kira 32 tahun dan sudah berbuah sepanjang musim selama 9 tahun. 

Foto Anggota BDPS bersama pemilik Pohon Kurma Rudy Hermanto

Berdasarkan cerita pemilik pohon kurma, pohon tersebut dibeli dari temannya seharga 250ribu 20 tahun silam. Harga yang tidak sedikit untuk pohon kurma di tahun tersebut. 

Buah kurma dalam fase kimri menjelang khalal

Kurma tersebut berbuah tanpa mengenal musim, apabila tandan kurma selesai matang berbuah, muncul bakal bunga baru, begitu seterusnya.

Buah kurma yang dipetik pada fase khalal

Setelah mewawancarai pemilik pohon kurma, anggota BDPS meminta ijin untuk melakukan observasi tentang kondisi lingkungan disekitar pohon agar mendapatkan hasil dari semua penelitian di berbagai tempat dimana Pohon kurma tumbuh.



Setelah selesai melakukan penanamaan dan observasi pohon kurma, akhirnya para anggota berkumpul untuk hasil evaluasi dari apa yang didapatkan saat Tour de Kurma.










Post a Comment

 
Top